Marhaban Yaa Ramadhan

Tiada napas tanpa tasbih, tiada nikmat tanpa syukur, tiada permulaan amal tanpa basmallah, tiada pertemuan tanpa salam, tiada pembicaraan tanpa senyum dan keramahan, tiada kesalahan tanpa istighfar, tiada dosa tanpa taubat, tiada perselisihan tanpa ishlah.

Halo kawaan.. Sekarang aku balik lagi dengan topic yg pas yaitu sebagaimana judul diatas. Kita ini tengah memasuki bulan suci penuh berkah & kemuliaan ini yaitu bulan Ramadhan. Spesialnya lagi, di bulan Ramadhan juga ada malam istimewa yaitu malam lailatul qadr alias malam yang pahalanya lebih baik dari seribu bulan, gaes. Oleh karenanya, sudah sepantasnya kita menyambutnya dengan penuh suka cita & kerinduan. Bagaikan tamu agung yg akan memberikan banyak kemuliaan, maka sambutan istimewa pun akan dihadirkan dengan segenap harapan. Buat kawan-kawan sendiri, apa sih yang udah kawan-kawan persiapkan menuju bulan istimewa ini?

Saudaraku, amaliah Ramadhan adalah amal yang memiliki maksud dan tujuan yg tersendiri. Kehadirannya membuka rahasia keselamatan serta mendekatkan diri kepada pertolongan-Nya. Shaum dan shalat yang dilakukan didalamnya memiliki rangkaian prosesi ubudiyah yg menembuskan do’a & harapan demi lahirnya pertolongan-Nya.

Kawan-kawanku, benar sekali kalau Ramadhan itu merupakan bulan pelatihan khususnya pelatihan & pembinaan bagi terciptanya diri-diri yg mau mengabdi –sebagaimana tujuan diciptakan manusia. Maka poinnya adalah bagaimana kita sebagai manusia memahami diri & bagaimana mempertahankan pengakuan akan keberadaannya. Konon inilah yg menjadi salah satu kebutuhan manusia: membutuhkan keberadaannya yg diakui (eksistensi).

Rasulullah SAW bersabda:
“Sekiranya manusia mengetahui kebajikan-kebajikan yg dikandung di bulan Ramadhan itu tentulah mereka mengharap-harap supaya Ramadhan itu berlangsung sepanjang tahun.” (HR. Ibnu Abid Dunya)
           
Then, berikut keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan;
1. Ramadhan adalah saat diampuni dosa-dosa
2. Ramadhan dilipatgandakan pahala & akan memberikan kegembiraan
3. Syaithan dibelenggu, dibukanya pintu syurga serta ditutupnya pintu neraka
4. Menjadi pelindung dari api neraka
5. Karunia khusus kepada umat Rasulullah
6. Shaum Ramadhan adalah amalan yg lamgsung kepada Allah
7. Memberikan syafa’at di hari kiamat
8. Shaum Ramadhan adalah amalan yang istimewa
9. Akses khusus menuju syurga

Semalam habis isya ada tahniyah Ramadhan atau bisa disebut menyambut Ramadhan, jadi semacam nasehat-nasehat dalam rangka menyambut Ramadhan. Ibuku yg menyampaikan bahwasannya kita mesti mempersiapkan iman dan ihtisab.untuk bulan suci penuh rahmah ini. Nah, ihtisab sendiri adalah perhitungan. Artinya, kita harus menghitung target apa saja yg akan dicapai di bulan Ramadhan ini dengan menghitung yg kurang dari Ramadhan sebelumnya. Memangnya harus ya? Ya iyalah, karena iman dan ihtisab inilah yg menjadi modal utama dalam melandasi semua pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan.

Sebagaimana sabda Rasulullah:
“Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yg telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760)

Kawan-kawanku sekalian, supaya kita bisa mendapatkan keutamaan-keutamaan dari Al Qur’an pula khususnya di bulan Ramadhan ini, maka ada beberapa kegiatan yg bisa kita lakukan, diantaranya;
1. Peringatan Nuzulul Qur’an
2. Tadarus Al Qur’an
3. Menghafal Al Qur’an
4. Mengkaji Al Qur’an
5. Mensyiarkan nilai-nilai Al Qur’an

Ramadhan adalah saat khusus yg teramat mulia. Kehadirannya menjadi bukti kasih sayang Allah kepada hambaNya. Semoga shaum kali ini, Ramadhan ini, di tahun ini, akan mendapat binaan, tempaan, ampunan, keridhaan, berkah, dan rahmah yg sebesar-besarnya dan mudah-mudahan kita diberi kekuatan untuk mendapatkannya, InsyaAllah, Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sedikit Cerita Tentang 2020

Setitik Penat

Self Talk: Life Values