Super Potter

Halo semuaa.. Kembali lagi bersama saya di blog saya tentunya. HAHA. Dan, kau tahu? Judul entri ini emang ga ada nyambungnya sama isinya -pingin aja soalnya bingung.

Akhirnya kemarin aku dan Azmi ikut kegiatan sanlat. Ya, salah satu upaya kita untuk mengisi liburan dengan hal-hal yg produktif. Karena kita juga belum liburan kemana-mana jadi inilah yg kami tunggu-tunggu. Ok, I’ll story about it, check it out!

Kegiatan islami ini baru dua kali diadain yaitu sekarang dan tahun kemarin. Nama kegiatannya SuperCamp for Teens yg diadakan oleh Yayasan Juara Insan Mandiri –biasa disebut JIM. Pesertanya yaa anak2 dari para pengurus yayasan, jadi belum terbuka untuk umum. Dan disini aku juga ga bakalan nyeritain semua dengan rinci.

Hari pertama. Aku dan Azmi datang kedua terawal sekitar jam 8-an. Firstnya Mitsaq. Tapi acara dibuka jam 11-an soalnya pesertanya pada ngaret. Lanjut ke sesi perkenalan ada T’Raisa, T’Fathimah, aku, Zaynab, Dhillah, Nabila, Azmi, Sabil, Fathan, Mitsaq, Zamzami, dan Ali. Aku sudah mengenali sebagian dari mereka yg ikut waktu tahun kemarin. Dari panitianya ada T’Bera, T’Risna,T’Emi, T’Nuri, T’Teri, T’Tari, T’Dianah, T’Nadia. Mang Iwan, Mang Edi, Mang Yogi, dkk.

Setelah pembukaan, masuk ke materi pertama yaitu tentang manusia –tentang kita, yg diisi oleh T’Bera. Diawali tentang teori Evolusi by Charles Darwin yg jelas-jelas bertentangan dengan ajaran Islam karena memang faktanya Nabi Adam-lah manusia pertama yg murni diciptakan dari tanah liat dan bukan jelmaan dari seekor kera. Terus membahas tentang zaman batu, zaman logam, dsb yg biasa diajarkan pelajaran IPS waktu SD dan ternyata bisa dibilang hoax –boleh juga. Karena bagaimana mungkin manusia terdahulu terlihat bodoh sedangkan manusia pertamapun telah dikenalkan nama-nama benda oleh Yg Maha Pencipta?

Next, nyambung ke 5 fase akhir zaman dimana kita sekarang ini berada di fase yg keempat;
1. Nubuwah (Masa Nabi SAW masih hidup)
2. Khilafah 'alaa Minhaj Nubuwah (Masa Khulafaurrasyidin)
3. Mulkan Adlan (Masa kerajaan yg menggigit)
4. Mulkan Jabariyyah (Masa kerajaan diktator)
5. Kembali pada khilafah 'alaa minhaj nubuwah (kebangkitan Islam)

Oh, ya, ada juga tentang tingkatan status manusia di hadapan Allah;
1. Muttaqin (Orang yg bertakwa)
2. Mujahid (Orang yg berjihad)
3. Muslim (Orang yg berislam secara kaffah)
4. Mu’min (Orang yg beriman)
5. Manusia biasa atau bahkan lebih hina dari binatang ternak

Then,kita juga dijelasin bahwa Islam ada sebagai penyelamat generasi. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S. Al-Maidah : 54. Selain itu, Islam juga ada untuk meningkatkan harkat & martabat manusia. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S. An-Nur : 55.

Adapun kerangka Islam terbagi menjadi 3, yaitu
1.     Iman
2.     Syariah
3.     Akhlaq

Berikut pejelasannya:

Iman yaitu membenarkan dgn hati, mengucapkan dgn lisan, dan mengamalkan dengan perbuatan (akhlaq). Dan bukti keimanan seseorang adalah dilihat dari kesehariannya yg benar-benar mengaplikasikan segala yg diperintahkan-Nya dan menjauhi segala yg dilarang-Nya.

Kata syariah dalam Q.S. As-Syura’: 13 dapat didefinisikan sebagai wasiat atau jalan. Namun, secara istilah yaitu satu tata cara hidup yg diridhai Allah. Tujuan adanya syariah yaitu untuk menegakkan agama Islam dan agar Islam tidak terpecah-belah.

Sedangkan yg namanya akhlaq erat kaitannya dgn yg namanya makhluk (ciptaan) bahkan dalam Bahasa Arab diambil dari kata yg sama. Jadi, akhlaq merupakan sikap yg harus dilakukan oleh makhluk kepada Khaliq (pencipta). Atau secara terminologi, akhlaq yaitu budi pekerti, tingkah laku, adat kebiasaan yg lahir dari suatu keyakinan.

The last, aku mau berbagi tentang leadership atau cara memimpin. Intinya, leadership merupakan seni mempengaruhi orang lain. Yg terpenting dari leadership adalah komunikasi yg dipengaruhi oleh submodalitas yg berbeda-beda. Ada yg visual (penglihatan), audio (pendengaran), kinestetik (gerak badan), penciuman, dan pengecapan. Kunci seorang pemimpin itu melayani bukan memerintah. Jadi, if u can’t serve,u can’t rules. HIHI.

Sebenarnya, ada beberapa materi yg ga aku tulis disini karena pastinya bakal banyak banget. Tapi percayalah, selama dua hari berturut-turut dikasih materi, materi, materi, semua itu ga sia-sia gitu aja karena nanti semua itu bakal aku atau kita butuhin sebagai bekal hidup di dunia yg cuma fatamorgana.

Di hari ketiga, kita semua outdoor –gimana we di DA yg belajarnya pengen OD terus. Wkwk. Kita pergi ke sebuah taman luas di tengah Bandung buat bikin suatu project. Apa itu project-nya, kita nantikan saja, ya! Wkwk. []

Comments

Popular posts from this blog

Jiwa Ambisi yang Hilang

Punya Makna

Perjalanan Masih Jauh, No Problem at All