Self Talk: Life Values

Ada yang pernah ngerasa bosen dengan rutinitas? Hey ayolah aku benar-benar ingin keluar dari lingkaran ini. Setiap hari rasanya seperti gitu-gitu aja. Tak ada hal baru, tak ada eksplorasi. Apa ya aku ingin apa?

Pikiran seperti itu selalu hadir dan memusingkan saya. Tulisan ini entahlah ingin saja aku bercerita. Andai aku bukanlah aku, pasti sudah ku nasehati dengan bijaknya. Tapi apa daya? Aku adalah aku yang tak mampu mengerti aku dan menasehati diriku sendiri. Maka izinkan aku tulis beberapa nasehat untuk kau jadikan bahan kontemplasi!

Sekarang coba kamu pikirkan, apakah benar kamu bosan? Apa benar tak satupun hal baru yang dapat kamu temukan? Think out of the box! Ga ada alasan buat kamu ngerasa bosan. Sebenarnya banyak hal baru yang bisa kamu lakuin. Cuma, satu alasan sih, kamu malas.

Kamu terlalu malas untuk bangun dan menikmati rutinitasmu. Lihat list job mu! Banyak sekali yang harus kau selesaikan dan bukankah dari sana kamu bisa mendapat banyak hal?

Pertama, kamu punya banyak tugas. Tugas itu bukan sekadar tugas, zrin. Tugas itu ada untuk ngelatih diri kamu. Kalau kamu ngeluh karena cape, itu konsekuensi. Dan sebetulnya ga ada yang harus kamu keluhin. Emangnya ada tugas yang bikin kamu rugi? Ga ada kan. Tugas ada untuk ngelatih gimana cara perpikir kamu, nambah wawasan dan pemahaman kamu dan kamu semakin bisa paham tentang apa yang terjadi dengan dunia ini. Banyak pembelajaran yang bisa kamu ambil termasuk peran mana yang harus kamu ambil di masa depan.

Kedua, kamu terlalu menjadikan produktivitas sebagai life value kamu. Tapi sayangnya dalam realisasinya kamu hanya sibuk tanpa tahu se-produktif apa hidup kamu. Hey produktif itu bukan tentang sibuk atau engga, asal kamu bisa bagi waktu kapan kamu harus kerja keras dan me-refresh badan kamu. Mungkin kamu bisa pakai waktu siangmu untuk berkarya, nugas, belajar dan malam adalah waktu untuk merefleksikan diri.

(pls masa iya ni tulisan isinya marahin diri sendiri terus)

Well, berbicara tentang life values emangnya itu apaan sih? Life values itu ibarat nilai-bilai kehidupan apa yang bakal kita pegang selama hidup yang jadi dasar ketika kita melakukan apapun. Life values itu kaya nilai yang bisa  bikin paradigma kita berubah. Misal, ketika kita menjadikan innovation dan creativity kita bakal ngelakuin segalanya dengan nilai-nilai itu. Kita bakal terus-terusan nih berkreasi dan berinovasi dan selalu terdorong buat bikin sesuatu yang bener-bener amazing.

Sempet baca juga di beberapa artikel tentang life values bahwasanya kita ga selalu harus menjalani apa yang sesuai dengan life values kita tapi gimana caranya dengan apa yang kita lakukan kita bisa tetep bahagia karena life values yang kita pilih. Contoh kasus suatu waktu kita bener-bener tenggelam dalam pekerjaan/aktifitas yang kita lakukan, sampai kita lupa dengan segalanya: waktu, rasa lelah, rasa sakit tapi kita masih bisa tersenyum menikmati prosesnya setiap detik dan merasakan kepuasan ketika pekerjaan itu selesai karena kita selalu ingat akan life values yang kita pilih. Seperti halnya rasa sakit kita ketika kita mendapat nilai ulangan yang kecl tapi di satu sisi kita berhasil mencapai life value kita yaitu kejujuran.

 

Yaa mungkin inilah waktunya menemukan life values kita. Bukan cuma aku yang stres dan butuh itu, tapi kita semua juga butuh itu. Then, tunggu apa lagi? Find your life values and be happy with it.


Sincerely, Azrina.

Comments

Popular posts from this blog

Jiwa Ambisi yang Hilang

Punya Makna

Perjalanan Masih Jauh, No Problem at All