Sedikit Cerita Tentang 2021

Sebelum buat tulisan ini, sengaja aku baca-baca dulu postingan setahun lalu tentang ceritaku di 2020. Lucu juga ya bisa flashback padahal aku udah ga inget kapan aku pernah nulis itu. Banyak harap, banyak evaluasi dan banyak hal lainnya yang membingungkan.

Apakah akhir tahun adalah waktunya punya mimpi baru? Atau waktu-waktu dimana kita selalu semangat untuk memulai lembaran baru?

2021 buatku tidak kacau lagi -seperti di 2020 lalu. Aku justru merasa bahwa banyak sekali proses dan juga pembelajaran yang hadir. Di tahun ini, usiaku 17. Tentu aku mulai memahami banyak hal, dan yang paling sulit adalah memahami diri sendiri. Entah karena memang aku terlalu labil atau bagaimana, tapi seringkali merasa bahwa di satu keadaan aku tahu itu aku tapi di sisi lain masih bertanya-tanya "sebenarnya aku siapa?".

"Jadi dewasa itu ribet ya" Ucap seseorang kala itu. 

Memangnya jadi dewasa itu se-menakutkan itu? Overthinking, ngerasa cemas kalo udah mikirin masa depan apalagi mikirin keuangan xixixi. Kalo menurut Buku Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan) karya Karini Kartono, kedewasaan itu artinya satu pertanggung jawaban penuh terhadap diri sendiri, bertanggung jawab atas nasib sendiri dan pembentukan diri sendiri. Jadi yaa kita bener-bener ninggalin segala hal kekanak-kanakan kita menuju kemandirian dan (mungkin) menjadi manusia seutuhnya. Seutuhnya sebagaimana apa yang hendak kita capai, apa peran yang kita inginkan, apa goals yang ingin dicapai di hidup ini.

Aku pribadi kayaknya bukan takut sih untuk jadi dewasa, tapi lebih ke belum siap aja. Rasanya asing aja, kadang ngelak "GAGAGA. GA MUNGKIN AKU UDAH DEWASA". Tapi yaa mau gimana lagi, life must go on. Sejatuh apapun kamu, setidak siapnya kamu, seenggannya kamu ninggalin masa kecil, dewasa itu adalah sebuah keniscayaan. Karena sejatinya, hidup benar hidup adalah ketika kita beranjak dewasa. Dewasa? Iya. Bersiap aja sama hidup yang full of pain.

Ya, itu ketakutanku di 2021 ini, dan akan menjadi bahan resolusi di 2022. Kita cerita aja yu.

Lucu ya tahun ini tuh. Banyak banget tawanya. Tapi tangisnya juga sama banyaknya. Senang karena di tahun ini yang mana tahun terakhir mondok di DA, bisa ketemu dengan teman-teman yang super heboh apalagi anak asrama 3 tuh hahaaa lucu-lucu orangnya. Tbh, di DA covid-19 tuh kaya ga ada aja. Masker dipake cuma buat formalitas tapi yaa tetep jaga-jaga juga lah yaa..

Tentang temen yang baik. Dulu aku ngerasa aku butuh itu. Tapi sekarang, aku butuh yang baik sekaligus bener. Dan itu gak banyak woii. Ngerasa gak sih di fase menuju dewasa ini jadi lebih selektif buat mau mertahanin pertemanan yang seperti apa dan berani buat ninggalin temen yang emang toxic -ea sok dewasa. But, I feel that. Ada aja yang ngakunya sahabat tapi hobinya menjatuhkan dari belakang. Tapi ada juga yang keliatannya gak care tapi aslinya baiiiik banget. Beragam budaya Indonesia memang. Tapi makasih, lho, udah mau menemani proses pendewasaan ini.

Ah, ya, tentang asmara. Asmara? Asmara/cinta/sejenisnya-lah yang selalu dibahas oleh remaja usia 17. Aku bingung sebenernya urusan kayak gini aku polos apa gimana. Tapi ngeliat temen-temen yang di usia ini pada deket sama cowok dan dekeeet banget sampai rutin banget calling-an, ngasih makanan, jalan berduaan, aku malah aneh. "Emangnya hal kayak gini normal yah? Atau malah normalisasi zina?" xixixi candaa. Kadang pingin sih kayak mereka. Punya doi, punya tempat cerita, ada orang yang selalu peduli. Tapi lebih dominan nggak maunya. Mau karena aku berada di lingkungan itu. Tapi kalo lagi sendiri, aku sadar aku gak butuh itu dan itu bukan hal yang aku inginkan.

Aku paham sih. Sedikit. Tau apa arti dari seseorang yang selalu nge-chat tiap hari, selalu maksain chat meski gak ada topik lagi, ngasih makanan, ngasih minuman, ngasih perhatian. Dan itu semua aku alami di tahun ini. Cuma ya, aku gak mau. Gak mau nerima perasaan yang ada dibalik itu semua. Gak nyaman rasanya berada di suatu relationship yang gak terikat. Dan menurutku, hubungan yang terikat dan serius itu ya cuma nikah. 

Atau cuma deket sama seseorang tapi tanpa status? Tetep sih anti sama hal gitu. Karena ya buat apa? Imo, hal-hal gitu cuma buang-buang waktu. Dan kalo alesannya kasih sayang, kan yang namanya kasih sayang bukan dengan hubungan yang gak jelas mau dibawa kemana. Kalo alesannya butuh support system, bukannya dorongan terbesar ada dari diri sendiri ya? Yakin mau bertahan dengan kasih sayang yang ujung-ujungnya nyakitin? Married dong! Masa hari gini pacaran xixixi.

Tapi buat suka sama seseorang ya adalah. Tapi sayang, dianya udah sama yang lain. Jelas sih. Orang akunya masih sekolah dan dia udah kuliah. Dia ketemu orang baru yang mungkin lebih 'nyata' buat dia. Bukan aku yang sekadar delusi bagi dia. Yang jelas, aku tuh cuma bermodalkan sabar pas suka sama dia. Aku ga ketemuan, dating, atau hal-hal romantis lainnya. Sad, but.. itu bikin aku jadi tambah gak peduli untuk urusan asmara/cinta/apalah itu yang super ribet sekali ya kawand.

LHA KOK JADI CERITA TENTANG ITU. Ok cukup kawand.

Kalo kalian sendiri gimana di 2021 ini? Mungkin boleh share di kolom komentar -tapi udah feeling bakal sepi sih wkwk.

2021 so many things that I've learned. Tawa dan Luka datang bersamaan. 2022 adalah misteri sekaligus penentu bagaimana hidup ini akan berjalan. Ukir hal-hal sederhana tapi bermakna di hidup kamu. Bodo amat soal cerita hidup fantastis orang lain. Cukup fokus dengan diri kamu dulu, ya. Semoga kamu lebih fantastis dari diri kamu di 2021 ini. Semangaaat!

Sincerely, Azrina.

Comments

Popular posts from this blog

Jiwa Ambisi yang Hilang

Punya Makna

Perjalanan Masih Jauh, No Problem at All