Terikat Aturan

Pesantrenku adalah pesantren yang unik. Rutinitasnya pun memiliki banyak kesamaan dengan pesantren modern lainnya. Kegiatan belajar mengajarnya sama persis seperti sekolah pada umumnya. Hanya saja, penghuni kelas seluruhnya adalah perempuan. Kebetulan pula, kelasku dipenuhi oleh 57 orang perempuan –yang mayoritas pada cerewet. Jadi ya gitu belajarnya pun kadang efektif, kadang gak terlalu.

Aku senang bersekolah di pesantren yang unik. Apa lagi kalo soal peraturan. Peraturan yang selalu diulang-ulang pembacaannya saat upacara bulanan oleh sang pimpinan pondok untuk tidak dilanggar. Tapi apa boleh buat kalo semisalnya manusia itu gak luput dari yang namanya kesalahan. Apa boleh buat kalo kita para santri yang masih pada periode yang istilahnya ‘labil’. Kan kita juga sama kaya remaja-remaja pada umumya. Ya gak?

Aku sedikit ragu buat nulis ini. Ada yang ngasih saran buat nyeritain sesuatu tentang pengalaman aku melanggar yang namanya peraturan. Tapi plis, jangan ditiru, ya. Apa lagi kalo sampe dilaporin sama pembina-pembina. HEHE.

Jadi gini, di DA itu liburnya hari Jum’at. Dan bertepatan saat santri putri diizinin buat keluar –alias jalan-jalan aje seantero Garut, aku juga gak mau ketinggalan sama santri lain yang pada refreshing. Nah, si temen aku, sebut saja si X, minta aku buat bawa HP. Katanya si X mau nyusul aja dan dia nanti bakal ngehubungin nomer HP aku via HP mamahnya. Ya intinya gitu lah. Aku bilang, kalo aku tuh tak punya HP, kalo ada juga HP nenek, orang aku ini di Garut, masa harus jauh-jauh ke Bandung. Eh, dia malah sedikit ngotot. Ya udeh, aku nurut aja. Toh, yang dilarang itu bawa HP ke DA, bukan bawa HP ke luar zona DA dan nenek aku juga ngizinin bawa HP itu.

Perjalanan ke Ramayana –semacam mall di Garut, berjalan lancar. Kitapun menuju KFC, tapi gak beli chicken. Ketemu temen yang lain, sebut saja si Y, dan ternyata dia juga bawa HP. Lega, sih, soalnya ada temen juga. Wkwk. Sebelum pulang, aku pastinya balikin dulu tuh HP ke nenek. Nah, urusan mulai rumit dari sini, gaes.

Hari Sabtu pas jam istirahat, si Y dipanggil ke mahkamah –kek tempat pengadilan gitu. Btw, aku juga deg-degan dan semoga bukan soal HP. Plis. Beres dari mahkamah, si Y manggil aku juga ternyata. Dan ternyata aku juga ke mahkamah bareng si Y. Disana aku dimintai penjelasan sama para pembina. Katanya sih, kenapa bawa HP, berani-beraninya bawa HP, jelas-jelas ada peraturannya juga. Tapi, sejauh mulut berbicara kalo itu tuh diluar zona DA, aku tetep kena batunya, termasuk si X juga, si Y, dan kawan-kawan yang ikutan selfie. HAHA.

Kalian tahu kita kena hukuman apaan? Bukan. Bukan tahfizh Quran hingga sekian atau menghafal hadits sekian. Tapi kita dihukum ngebersihin WC. Aku sih, kurang setuju. Memang kita jadi terlatih dan nambah wawasan tentang WC dan di satu sisi, DA juga udah dilengkapi para bibi yang rutin ngebersihin WC. Aku gak bermaksud ngandelin mereka, tapi kenapa gak milih yang jelas-jelas memacu kita supaya lebih kuat hafalannya dan lebih bermanfaat buat si pelanggar aturan. Itu menurut pemikiran aku yang mungkin berbeda dengan pemikiran kalian.

Malam harinya, kami berbahagia membersihkan WC. Sedikit senang karena bisa maen air sama temen yang lain tapi banyak malunya soalnya nama pelanggar diteriakin sama pembina ke seantero rusun asrama. Duh, ni muka mau ditaro dimana.

Sejak itu, aku benar-benar jadi enggan buat bawa HP ke DA kecuali kalo seizin pembina, sih. Lumayan kapok –eh, ko lumayan ya. Udah, jangan ditiru ya. Tiru aja pas ngejelasin kalo kalian lagi bener. Tapi kalo kalian tetep dicap salah, ya mungkin itu bagian dari TAKDIR. Wkwk. Husnuzhon we, ntar juga ada hikmahnya. Then, pelanggar aturan itu udah sepatutnya berubah jadi lebih baik. Tuh aturan jangan dilanggar berkali-kali dan peraturan lain jangan sama-sama dilanggar. Coba deh, share ke orang-orang bahwa ngelanggar peraturan itu melelahkan, nyiksa diri, atau gak banget –padahal Azrin juga udah banyak ngelanggar. Atau ngelanggar aturan itu adalah perbuatan yang nunjukin kalo kalian tuh gak takut dapet dosa dan gak takut sama yang ngasih dosa.

Nah, bagi aku, DA itu unik. Salah satunya karena aturannya. Tapi inget, peraturan ada bukan untuk dilanggar, gaes. Peraturan jelas-jelas ngatur kita buat disiplin. Kalian juga punya hak buat protes kalo peraturannya ada yang gak masuk akal, soalnya kan kalian yang diatur. Tapi kalo kalian tetep dihujat sama yang buat aturan, ya mungkin itu juga bagian dari TAKDIR. Dan mungkin itu yang terbaik. HAHAHA.

Udah deh, sekian aja. Oh ya, tulisan ini gak ada unsur singgung-menyinggung pihak manapun kok. Ambil yang bermanfaatnya aja ya, gaes.

“Ya Allah, anugerahilah kami rasa takut kepada-Mu yang dapat menghalangi antara kami dan kedurhakaan kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi) []

Comments

Popular posts from this blog

Jiwa Ambisi yang Hilang

Punya Makna

Perjalanan Masih Jauh, No Problem at All