PKL: One of The Best Scene in My Life

Halo kembali lagi bersama aku, azer. Anyways, karena waktu tanggal 8-20 Januari tuh aku dan kelas 12 lainnya baru selesai PKL, aku jadi pingin menumpahkan kisah itu di blog Intinya sih, cerita. And ya, happy reading! 

Secara personal, gak ada niat yang kuat buat ikut PKL. Apalagi selama liburan semester ganjil kemarin, mana sempat aku mikirin PKL. Intinya ya refreshing, intinya ya healing. Tanggal 3 Januari masuk dan tiba-tiba segalanya tentang PKL. Mulailah pembekalan selama 3 hari sebelum keberangkatan ke lokasi dan di saat itu juga aku ditunjuk sebagai ketua kelompok PKL. Nothing special. Yang ada malah deg-degan karena belum menyiapkan apapun. Belum siap bertemu orang baru, belum siap ditempatkan di tempat yang asing. 

Tapi waktu pembekalan, aku sempat ditunjuk ke depan secara tiba-tiba oleh pembimbing PKL-ku yang amat inspiratif, Bu Opha. Ditunjuk untuk mencontohkan mewawancarai seseorang di depan teman-teman seangkatan. Entah sengaja atau bagaimana memilih aku, yang jelas aku terlihat begitu kikuk kala itu. Tapi aku belajar, bahwasanya sebelum wawancara kita harus bisa mengenalkan diri dengan baik dan setelah wawancara sebisa mungkin harus mengucapkan terima kasih. 

But ya, itu baru prolog. Ini kisah PKL sesungguhnya. 

Waktu tanggal 8 berangkat, semangat agak berkurang sih karena elf kelompok kita dateng pas semua kelompok udah berangkat. Masih belum siap sebenarnya. Akhirnya tiba di Kampung Calingcing Desa Kersamanah yang konon gak terlalu jauh dari DA tapi cukup membuat beberapa orang di kelompok hampir mabok, hahaa.. Karena sengebut dan seugal-ugalan itu elfnyaa.. Tapi seharusnya bersyukur sih, karena kata Bu Dian, kelompok ini dapet pondokan PKL paling nyaman. Belum lagi keluarga pembimbing lokal kita, Pak Awal, yang udah kaya keluarga sendiri, masakan Amih Tsabita (istri Pak Awal) yang selalu jempol dan lokasi sekolah madrasah dan masjid yang ga terlalu jauh dari Pondokan PKL. Mungkin cuma nanjak aja jalannya yang jadi keluhan kita selama disini. 

Hari pertama, kedua ketiga gak banyak yang kita lakuin selain mulai silaturahim ke ketua RW, DKM, Kepala Sekolah SD dll sekalian sosialisasi program. Sempet terhambat karena waktu hari Ahad, rata-rata tokoh yang harus kita temui ada hajatan. Jadi ya kita istirahat aja. Sempet tepar karena hari pertama kedatangan, malamnya langsung ikut pengajian bulanan yang petugas-petugasnya dari kita. Senin niatnya mau mulai ngajar di SD Kersamanah 4. Tapi, ada vaksinasi. Dadakanlah kita ngadain sharing tentang ortom pelajar Muhammadiyah di SMK Muhammadiyah Kersamanah and ya kalau seandainya disiapin lebih awal, pasti bakal tersusun dan bikin PPT buat materinya. 

Hari keempat dan seterusnya yang mulai kerasa, "Wah ini the real PKL". Banyak yang bilang kalo ini lebih mirip KKN sih tapi waktunya lebih singkat aja. Lebih lucu lagi waktu pengajian magrib di rumah Pak Ramdan, ada anak-anak yang nebak kalo kita dari PLN. Wkwkwk, gemes. Terus kita udah mulai ngajar di SD, MDTA dan setiap habis magrib mengaji di masjid Al-Falah. Oh ya, memang yang jadi PR besar di daerah sini adalah ketika pandemi, pengajian anak-anak habis magrib di masjid sempet vakum. Akhirnya pengajiannya mencar-mencar di 7 tempat lebih. Tapi alhamdulillah waktu PKL ini, masjid bisa hidup lagi sama anak-anak yang ngaji ba'da maghrib. Akhirnya, amanat Pak Ramdan terkait program kita gapapa lebih fokus ke anak-anak. 

Pertama kali ngajar di MDTA siang-siang, yang jadwalnya jam 1 sampai jam 2 kita ngajar kelas 1,2,3 SD dan jam 2 sampai jam 3 di kelas 4,5,6 SD. Memang dibedakan karena tempatnya terbatas, cuma ada 3 kelas jadi belajarnya gantian. Aku ngajar di kelas 6 bareng Fasha, Ka dan Ana yang first impression kita ga bagus-bagus amat karena cukup nervous hahaa. Makanya banyakin games aja, biar cair dulu suasananya. Karena belajar sambil main biasanya lebih asyik dan bikin mereka enjoy. Besoknya aku mulai ngajar di SD. Lagi-lagi kebagian di kelas 6. Ketemu lagi dengan anak-anak yang sama tapi bedanya di SD lebih banyak jumlahnya. 

And so fun! Aku senang waktu denger mereka menyebutkan cita-cita mereka. Ada yang mau jadi pemain bola, atlet, chef, youtuber, dll. Yang cukup menyayat hati, aku sempet baca di buku absensi bahwa rata-rata pendidikan terakhir orang tua mereka itu SD. Mungkin ya, ada faktor ekonomi dsb yang kita ga bisa samain dengan kehidupan kita. Tapi untuk mereka, aku gak mau mereka berhenti disana. Jadilah selama ngajar di SD, banyak sharing-sharing tentang kehidupan dan harapan. Biar mereka tau kalau hidup dengan pendidikan tinggi juga penting lho, biar mereka tau kalau hidup ini milik mereka dan hidup terlalu berharga kalau dijalanin tanpa hal yang membuat kita dan orang-orang di sekitar kita tersenyum. 

Selama ngajar anak-anak, banyak hal unik terjadi. Mulai dari dites ngaji sama mereka, ada yang nangis gara-gara gak dapet temen sekelompok, nangis gara-gara kejedug temboklah, ribut satu sama lain. Lucu juga sih ngeliat karakter mereka yang atraktif, ada yang agak bandel, ada yang cerdas, ada yang susah diatur, dll. Aku pribadi yang selalu kebagian di kelas 6 SD lebih ngerasa kembali ke masa-masa SD dulu. Sebab, bagi aku masa-masa kelas 6 SD dulu adalah masa paling terkenang. Having fun with all my friends yang meski banyak ujian tapi di saat itu aku punya sahabat yang bener-bener bestie lah ya, seringnya main kesana kemari, malah bikin nama grup persahabatan gitulah hahaa, menyenangkan pokoknya. Memang dalam bayanganku, anak-anak SD kelas 6 ini tuh persis seperti aku dan temen-temenku waktu dulu, jadi aku juga anggap mereka ibarat temen aja. Karena terlalu kaku jika harus seperti seorang guru yang serba baku. 

Di tengah teriknya mentari, kita ngajar di madrasah. Tapi panasnya siang itu, selalu terkalahkan oleh semangat anak-anak buat belajar agama. Mereka yang entah pagi siang sore malem selalu setia nyamper kita. Pernah suatu hari ada anak kecil, namanya Ujang, masih kelas 1 SD dan mirip banget sama salah satu guru kita, Ustadz Kiki. Waktu itu, dia nyamper kita bareng temen-temennya. Saat menuju madrasah, jalannya nanjak dan melewati beberapa lubang selokan. Ujang waktu itu mau cerita, dia manggil aku, "Teteh! Teh Raia! Teteh teteh, aku waktu itu.." Aku emang agak kurang fokus ke dia karena banyak anak-anak lainnya yang jalannya agak ke tengah jalan jadi harus diawasin. Eh, si Ujang itu malah ngegebrus ke lubang selokan gegara dia jalan sambil nengok ke belakang biar aku dengerin cerita dia. Untungnya selokannya gak ada airnya. 

Aku aneh, kok badan Ujang bisa pas sama ukuran lubang selokan ya, dan di saat itu dia malah diem -mungkin syok. Tapi bisa-bisanya masih gemes dan aku ngeliatnya agak ketawa dulu bentar, "Aduh ujang gapapa? Sakit gak?", sambil kuangkat badannya dengan leleus karena gak bisa nahan ketawa. Dia diem terus bilang, "Gak teh" sambil menggeleng lempeng. Eh, dia malah lari pas mau dicek kakinya, takutnya kegores apa gimana kan ya. Tapi dia kuat, sampai akhir pelajaran madrasah tetep ikut meski kakinya agak biru-biru dan celananya sedikit kotor. 

Pernah juga diajak jalan-jalan sama anak laki-laki kelas 6 SD ke rel kereta. Awalnya sih aku bareng Fasha iseng keliling-keliling kampung sore-sore pingin menikmati susasa. Mereka jalan di belakang kita dan akhirnya kita rame-rame kesana. Kampung Calingcing tuh emang nanjak, ibaratnya kamu gak akan nyangka ada rel kereta di atas gunung -atau mungkin aku aja yang gak nyangka?. Nanjaklah kita jalan ke daerah-daerah yang bener-bener kampung. Soalnya selama ini kita tinggal di lebak yang lebih mirip suasana penduduk pada umumnya, tapi kalo ke tonggoh baru suasana kampung banget. Ada kuburan, pemandangan gunung-gunung dan sampailah kita di sebuah jembatan yang ketika kita nengok ke bawah, ada rel kereta yang menurutku unik. Unik karena jarak pandang kita ke ujung rel tuh jauh banget, apalagi liatnya dari atas dan si kereta kalo lewat ibarat masuk ke terowongan yang ada kita diatasnya. Unik, kan? Atau biasa aja? Tapi buat aku yang gak nyangka di atas gunung ada kereta lewat tuh ini unik. 

Terus kalo jalan ke tonggoh lagi, suasananya sepi banget. Kaya ada kebon awi terus ada SD nyencle gitu. Kata mereka sih SD nya angker. Penasaranlah aku. Tanpa lama-lama kita ke SD itu dan bener aja, tumbuhan-tumbuhan yang biasa ada di kuburan malah ada di tengah lapang. Lapangnya masih tanah juga. Ada 2 ruangan yang vibesnya kaya penjara. Terus mereka cerita pernah ada hantu ini itulah. Iseng deh aku, pura-pura kaget ngeliat ada sosok aneh di ujung sekolah, eh anak laki-laki nya malah terbirit-birit lari ketakutan. Aku malah ngakak, apalagi ngeliat Fasha yang lagi ngerekam vlog ala-ala, juga malah ikut lari. Video itu kalo diulang-ulang, aku ga berhenti ketawa karena ngeliat Firly, salah satu anak laki-laki yang nganterin kita, dia lagi cuci tangan dan malah dikagetin sama aku. Dia langsung lari dan bodo amat soal keran air, hahaa..

Kalau di kisah ini mungkin iya, banyak serunya. Tapi sejatinya emang seru, meski setiap hari kita kelelahan tapi entah kenapa energi kita juga ngikutin energi anak kecil. Gak ada habisnya. Yang awalnya gak semangat, pas ketemu anak-anak langsung jadi semangat. Pernah suatu hari mendung, pertanda mau hujan besar. Benarlah sorenya hujan besar. Tapi pas maghrib, tiba-tiba aja hujannya berhenti. Waktu kuingat-ingat lagi, memang waktu siangnya di SD ada anak-anak yang nyeletuk bilang, “Ya Allah semoga magrib ga hujan, biar bisa ngaji sama teteh-teteh.”. I realize bahwa doa-doa anak kecil seperti mereka mudah terkabul.

Di hari-hari terakhir PKL, barulah kita gak mau pulang ke DA hahaa. Kalau kata Bu Opha, “Siap-siap kembali ke kenyataan.” Hahaa. Di akhir, kita sekelompok baru ngerasain betah banget dan enggan balik ke DA. Udah apet aja sama anak-anaknya, lingkungannya, masakan Amih Tsabita yang super enak, dll. Selalu terharu kalau diingat-ingat pas kita ngadain lomba siang-siang, seterik apapun, anak-anak selalu dateng dan bantuin kita. Bahkan tetep dibikin meriah meski di siang bolong. Waktu sore hari ke-11, kelas 6 membuatkan kue bolu coklat untuk kami. Kue enak buatan mereka sendiri. Ada kado-kado, coklat, surat-surat yang mereka berikan untuk kami. Lebih terharu lagi di hari terakhir, hampir semua anak-anak SD berkumpul didepan Pondokan PKL kita padahal saat itu mereka seharusnya masuk sekolah. Mungkin ingin berpamitan. Mereka menangis -mungkin mengerti akan berpisah. Ucapan terima kasih berhamburan. Dan justru seharusnya kitalah yang berterima kasih pada mereka yang telah mengajarkan kita banyak hal. Suasana pagi itu sendu sekali.

Begitulah kiranya setiap hari selama PKL. Pagi, siang, dan malam mengajar lagi dan lagi. Sebuah bentuk pengabdian yang belum seberapa, rentang waktu berbagi yang terlalu singkat, dan sebuah dongeng ditengah rungsingnya memikirkan bagaimana kuliah nanti. Bertemu orang-orang baik yang memberi banyak pelajaran dan hikmah dalam kehidupan. Singkat memang, tapi semua ini memberi arti yang besar bagiku dan mungkin juga bagi kalian yang sudah merasakannya. Dari PKL aku belajar bahwa hidup juga bukan melulu tentang kita, tapi tentang mereka yang sama-sama berhak bahagia, berhak menjadi cerdas dan berhak untuk sukses. Berbagi apa yang kita pahami memang seru, dan kita selalu berharap bahwa mereka harus jadi lebih baik setelah hadirnya kita di kehidupan mereka yang mungkin sekadar singgah. Aku juga belajar bahwa segala kebaikan yang kita bagi untuk orang lain, rupanya akan berbalik kepada kita. Bagaimanapun bentuknya, bagaimanapun caranya. 

Untukmu, manusia baik, tetaplah jadi baik dan sebisa mungkin ajak sekitarmu jadi baik. Ibarat cahaya mentari dipagi hari yang selalu memberi energi positif setiap harinya, bak awan yang selalu memberi keteduhan untuk sekitarnya. Tidak pernah menjadi manusia pelit. Sebab, menjadi pelit tidak menbuatmu bahagia. So, keep spreading kindness, guys! 

Sincerely, Azrina.

Comments

Popular posts from this blog

Jiwa Ambisi yang Hilang

Punya Makna

Perjalanan Masih Jauh, No Problem at All